Tutorial AutoCad Land Development 2006


pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membuat kontur dari hasil pengukuran survey dilapangan (koordinat x, y dan z). Program yang biasa digunakan untuk melakukan ini adalah program Autodesk land desktop (Cadland Development) yang dikeluarkan oleh autodesk. Program ini banyak digunakan karena kemudahan dalam pengoperasian tanpa harus mengetikkan banyak perintah-perintah seperti program lain yang sejenis. Baiklah tanpa memperpanjang mukaddimah kita mulai saja tutorialnya. Ikuti langkah-langkah yang akan dijabarkan berikut ini:

1.      Langkah awal tentunya saudara-saudara sekalian harus menyiapkan data-data koordinat yang sebelumnya telah dihitung terlebih dahulu yang harus di simpan dalam bentuk notepad, seperti gambar berikut :
Isi dari notepad di atas terdiri dari empat kolom yaitu, kolom pertama yaitu number (nomor data), kolom kedua yaitu koordinat x (searah sumbu x atau searah timur), kolom ketiga yaitu koordinat y (searah sumbu y atau searah utara) dan kolom ketiga berupa koordinat z (elevasi atau ketinggian). Setelah selesai semuanya maka simpan notepad tersebut di dalam hard disk saudara.
2.      Jalankan program
Akan keluar beberapa buah jendela yang menyuruh saudara untuk menyimpan project, untuk langkah awal ikuti saja semua perintah tersebut sampai selesai, nah gmana mudah kan!


3.      Setting tampilan point
-          Di menu jendela paling atas cari tombol point, click tombol tersebut
-          Pilih menu paling atas yaitu point setting, kemudian akan keluar jendela point setting
Dari jendela ini semua setting terhadap tampilan point yang akan tampil nantinya dapat di atur, mulai dari cara penampilan, metode penambahan point, deskripsi masing-masing point sampai dengan layer yang akan digunakan, silahkan saudara coba utak-atik agar lebih jelas



4.      Mengimport point
Setelah semua settingan sempurna, kini saatnya kita mengimport data pengukuran ke program. Caranya click point seperti awal tadi terus pilih import/export point kemudian pilih import points. Akan keluar jendela import point, lalu click tombol yang berada disebelah new format, maka akan tampil jendela baru yaitu jendela format manager.

Untuk format baru pilih new format yang biasanya berada di paling bawah list dan pilih tombol modify yang berada di sebelah kanan. Pada jendela ini tandai tombol delimited by, click tombol   pada jendela baru tersebut pilih label-label yang sesuai dengan data pada notepad kita tadi yaitu kolom pertama berupa number, kolom kedua berupa sumbu x (easting), kolom ketiga berupa sumbu y (northing), dan kolom keempat berupa elevasi (elevation). Cari tombol load yang ada di sebelah kanan dan akan keluar jendela baru yang mengharuskan untuk mencari letak notepad yang kita simpan di hard disk. Setelah ketemu datanya click open. Nah sekarang data kita telah di kenali namun belum tersimpan di dalam database, untuk itu kita click tombol Parse. Lalu oke kemudian close. Pada jendela format manager-import point pilih format yang baru kita buat tadi, untuk memudahkan pengeditan data point maka point tadi dapat kita jadikan sebuah group misalnya sebagai group kontur, caranya pada jendela ini centang add points to point group dan beri nama misalnya kontur terus ok lalu tutup jendela tersebut dengan menekan ok sekali lagi.

Pada jendela COGO Database Import Option click OK, lalu data anda akan langsung di transfer ke CADland. tunggu beberapa saat, jika anda tidak bisa melihat data yang telah di transfer maka pada jendela perintah CADland Ketikkan z kemudian enter lalu ketik e dan dienter, kemudian akan terlihat seperti gambar di bawah ini. 
Gara-gara udah lama nggak ngetik jari-jari jadi pegel, mumpung ada teh, yuk diminum dulu, sruuutttt. Cukup ngetehnya yuk kita lanjutkan lagi tutorialnya oke.
5.      Membuat surface
Jika langkah-langkah sebelumnya telah berjalan dengan lancar maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat surface dengan cara sebagai berikut
-          Click terrain lalu pilih terrain model explorer.
-          Pada jendela baru click kanan terrain lalu pilih create new surface.
-          Click kanan point group pada hierarki sebelah kiri dari jendela terrain model  explorer.
-          Pilih add point group, akan keluar jendela add point group 

        Pada point group name akan keluar tulisan kontur, lalu click Ok.

-      Pada hierarki yang sama click kanan pada point files  pilih add point files, pilih format yang telah kita buat tadi lalu tekan ok.

-          Tutup jendela terrain model explorer, maka pekerjaan membuat surface selesai.
6.       Membuat kontur
Nah sampai juga akhirnya pada langkah pembuatan kontur, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
-          Pada menu terrain click tombol create contours 

-     Pada jendela baru yang berjudul create contours, mula-mula pilih jenis surface yang akan digunakan disini kita gunakan surface 1

-         tentukan interval yang akan digunakan misal untuk interval minor dengan interval 1 m, kemudian untuk interval mayor dengan interval 5 m.

-         style dari kontur yang akan dihasilkan dapat di atur dari style manager  (tombol kanan bawah), yang dapat di pelajari sendiri dgn mudah.

-         Setelah selesai tutup jendel create contours dengan menekan tombol ok, erase old contours lalu pilih yes

-          Nah gimana, sekarang kontur  telah berhasil dibuat
Warna dari garis kontur dapat diubah dari layer yang dapat dilihat seperti gambar berikut, selamat mencoba.